laporan on the job training
LAPORAN
ON THE JOB TRAINING
DEPARTEMANT HOUSEKEEPING
DI WESTIN RESORT NUSA
DUA BALI
DISUSUN
OLEH
NAMA : I
KETUT
WINU ARTAWAN
NIM : 16.2.1.02.0129
JURUSAN : BASIC
LEVEL HOUSEKEEPING
MEDITERRANEAN BALI
TAHUN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya penulis dapat
menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari, dalam makalah ini masih banyak
kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan
dan pengalaman yang penulis miliki. Dalam kesempatan ini penulis
mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat :
1. Kepada
dosen-dosen yang telah membina penulis dan menuntun di dalam berperan aktif di
bidang pariwisata
2. Mr.
Bipan Kapur selaku Managing Director di The Westin Resort Nusa Dua Bali.
3. I
Ketut Suandra selaku Human Resources Director di The Westin Resort Nusa Dua.
4. Bapak
I Wayan Suwitera selaku Director of Housekeeping
5. Bapak
I Komang Pustaka selaku Assistant of Executive Housekeeper.
6. Bapak
I Made Asram selaku Public Area Manager
7. Bapak
8. Segenap
Staff The Westin Resort Nusa Dua Bali atas kerjasama dan bimbingannya.
9. Serta
semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di
waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis pada
khususnya dan pembaca pada umunya.
Nusa Dua, Juli 2017
|
Penulis
I Ketut Winu Artawan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...................................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................... ii
KATA PENGANTAR................................................................................................... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................................. v
DAFTAR TABEL......................................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakangon the job training.................................................................. 1
1.2 Tujuanon the job training............................................................................... 2
1.3 Manfaat
on the job training............................................................................ 2
1.4 Metode
pengumpulan data............................................................................. 3
BAB II GAMBARAN
UMUM..................................................................................... 5
2.1 Sejarah
singkat berdirinya novotel nusa dua bali........................................... 5
2.2 Lokasi
dan fasilitas......................................................................................... 6
2.3 Struktur
organisasi.......................................................................................... 17
BAB III KAJIAN
PUSTAKA...................................................................................... 18
3.1 Pengertian
hotel.............................................................................................. 18
3.2 Pengertian
restaurant..................................................................................... 22
3.3 Pengertian
Housekeeping .………………………………………………….. 23
3.4
Public Area……... ……................................................................................. 23
3.5 Laundry……………….................................................................................. .............. 23
BAB IV PELAKSANAAN ON THE JOB JRAINING.............................................. 24
4.1 Waktu
dan tempat on the job training............................................................ 24
4.2 Jadwal
pelaksanaan on the job training.......................................................... 24
4.3 Objek
pelaksanaanon the job training............................................................ 24
4.4 Hubungan
kerja antara departemen............................................................... 28
4.5 Kendala-kendala
yang dihadapi dalam on the job training............................ 29
4.6 Upaya penyelesaian kendala.......................................................................... 30
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN....................................................................... 31
5.1 Kesimpulan………......................................................................................... 31
5.2 Saran-Saran………........................................................................................ 32
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang On The Job Training
Dewasa
ini pemerintah Indonesia semakin menggalakan bidang pariwisata. Karena hal
tersebut sangat menguntungkan disamping dapat menambah devisa Negara,
pariwisata juga menjadikan Indonesia, khususnya, Bali terkenal diseluruh dunia sebagai
daerah pariwisata. Dengan demikian pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan untuk
meningkatkan mutu pelayanan terhadap wisatawan, misalnya dengan mendirikan
lembaga pendidikan pariwisata agar lebih terampil dibidang kepariwisataan.
Penyusunan laporan ini sangat penting, baik bagi
penyusun maupun pembaca, karena laporan ini sebagai ungkapan penulis tentang
apa yang penulis kerjakan selama melaksanakan On The Job Training di THE WESTIN RESORT,
NUSA DUA BALI.
1.2 Tujuan On The Job Training
Adapun
tujuan dari On
The Job Training itu sendiri, yaitu :
1.
Mahasiswa
dapat mengetahui keadaan di industri secara utuh, sehingga dapat mempersiapkan
diri baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi persaingan kerja terutama
di dunia pariwisata.
2.
Mahasiswa dapat melatih
kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing dengan baik pada saat menjalani On
The Job Training dan berinteraksi langsung dengan
tamu.
3.
Mahasiswa dapat
mengetahui kondisi kerja secara nyata di industri sehingga dapat terbentuk
tenaga pariwisata yang handal dan professional.
4.
Mahasiswa dapat
membandingkan langsung ilmu pengetahuan yang didapat di kampus baik dalam
bentuk praktek maupun teori dengan yang ada di industri.
5.
Mampu beradaptasi,
berinteraksi dan menjalani hubungan kerjasama antara sesama pekerja dan atasan
sehingga tercipta hubungan kerja yang harmonis
6.
Mahasiswa dapat melatih
kedisiplinan kerja pada saat melaksanakan praktek kerja nyata.
1.3 Manfaat On The Job Training
Adapun manfaat dari pelaksanaan On
The Job Training ini adalah sebagai berikut :
1.3.1
Manfaat bagi mahasiswa
1)
Dengan mengikuti on the job training, mahasiswa di
harapkan dapat meningkatkan kemampuan
teori dan prakteknya secara langsung.
2)
Mampu melihat
hubungan antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
3)
Mampu membandingkan
dan menerapkan ilmu yang didapatkan sebelumnya di kampus dengan yang didapatkan
di dunia kerja.
1.3.2
Manfaat bagi perusahaan atau hotel
1) Dengan dilaksanakannya kegiatan on the job training ini diharapkan dapat mempererat hubungan di
bidang pendidikan pariwisata dengan sekolah pariwisata
2) Sebagai acuan untuk melihat potensi kerja peserta on the job training, sehingga akan lebih
mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
3) Sebagai wadah penyerapan karyawan atau tenaga yang dihasilkan
dari potensi kerja peserta on the job
training itu sendiri.
1.3.3
Manfaat bagi akademik
1)
Dengan pelaksanaan on the job training, kampus mampu
meningkatkan hubungan kemitraan dengan
perusahaan terkait.
2)
Dapat
merelevansikan kurikulum mata kuliah dengan kebutuhan dunia kerja.
3)
Dapat menambah dan
mengembangkan program kependidikan
dengan menggali informasi-informasi tentang dunia pendidikan.
1.4 Metode
Pengumpulan Data
Adapun
metode pengumpulan data yang dilakukan dalam pembuatan laporan ini sebagai berikut
:
1. Observasi
Dalam metode ini penulis melakukan observasi/pengamatan
secara langsung di tempat on the job
training mengenai tempat, peralatan, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang
ada di The Westin Resort Nusa Dua Bali
2. Intervew/ wawancara
Dalam metode ini penulis secara langsung melakukan
wawancara atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada staff atau senior di
tempat kerja demi mendapatkan informasi mengenai pengetahuan atau data yang
diperlukan dalam pembuatan laporan on the
job training ini.
3. Media internet
Dalam metode ini penulis melakukan penelusuran melalui
media internet mengenai informasi-informasi yang di perlukan dalam pembuatan
laporan on the job training ini.
4. Literatur
Dalam metode ini penulis mendapatkan data-data yang
dibutuhkan dalam berbagai jenis literatur seperti: majalah, brosur, dll.
Sehingga dapat memudahkan penulis dalam pembuatan laporan on the job training ini.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Berdirinya The Westin Resort Nusa Dua
Bali
Sebelum menjadi The Westin Resort Nusa Dua
Bali, pada bulan januari 1991 The Westin Resort Nusa Dua Bali bernama Nusa
Indah Hotel & Convention Centre,
dibawah naungan Aerowisata. Pemilik
perusahaan adalah P.T NGI (Nusa Graha Internasional). Pada bulan maret 1991
diresmikan oleh bapak presiden Soeharto, presiden Indonesia pada saat itu. Pada
bulan april 1991 menjadi tuan rumah PATA
(Pacific Asia Travel Agen). Pada bulan mei 1993 lalu management hotel dan Aerowisata berganti nama menjadi Sheraton dan nama hotel pun berubah
menjadi Sheraton Nusa Indah Resort &
Bali Internasional Convention Centre (BICC).
Berubah nama menjadi The Westin Resort Nusa Dua Bali pada desember 2003 dan berada di
bawah naungan Starwood group bersama
dengan Element, St Regis, Four Point, Le
Meridien, The Luxury Collection, Aloft, W, dan Sheraton.
Berlokasi di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Centre), dan berjarak 11 km dari Ngurah
Rai Internasional Airport dan kurang lebih 20 km dari pusat kota, merupakan
lokasi yang strategis, ini menjadikan para tamu untuk menuju pusat keramaian di
pusat kota.
Dan empat tahun setelahnya diperkenalkanlah Westin Kids Club,
diikuti The Heavenly Bed pada 1999,
dan Heavenly Bath serta Heavenly Crib delapan tahun kemudian.
Sumber: Hotel The Westin
Resort Nusa Dua
GAMBAR
2.1 The Westin Resort Nusa Dua
2.2 Lokasi dan fasilitas The Westin Resort Nusa Dua Bali
2.2.1 Lokasi
The Westin Resort Nusa Dua Bali terletak
di Nusa Dua,Bali dan berjarak 11 km dan 25 menit dari vibrant Kuta dari Bandara Ngurah Rai dan beralamat di:
The Westin Resort Nusa Dua,Bali
PO. BOX 36, Nusa Dua
80363,Bali,Indonesia
Telepon :
+62 361 771906
Fax :
+62 361 771908
2.2.2 Fasilitas-Fasilitas The Westin Resort Nusa Dua
1. Room
The Westin Resort Nusa Dua Bali memiliki Jumlah kamar
sebanyak 433 kamar dan memiliki beberapa jenis kamar, diantaranya:
a.
2 Bedroom ocean Suite (3)
b. 2
bedroom Residence Suite (3)
c. Two
Bed Room Westin Suite (2)
d. Presidential
Suite (1)
e. Deluxe
Garden Double (40)
f.
Deluxe Garden Double Non Smoking (36)
g. Deluxe
Garden King (44)
Sumber:
Hotel The Westin Resort
Nusa dua
GAMBAR 2.2 Two Bed Room Westin Suite
h. Deluxe Garden King Non Smoking (45)
i.
Family Suite Pool
Terrace (4)
j.
Family Suite (30)
k. Executive Suite
(4)
l.
Premium Double Non
Smoking (23)
m. Premium Garden Double Non Smoking (18)
n. Premium Garden Non King Smoking (30)
o. Premium King Non Smoking
(25)
p. Ocean Suite No Pool
(4)
q. Ocean Suite With Pool (2)
r. Deluxe Pool Double Non Smoking (28)
s. Deluxe Pool King Non Smoking (31)
t.
Deluxe Garden
Terrace Double (16)
u. Deluxe Garden Terrace King (20)
v. Deluxe Pool Terrace Double (4)
w. Deluxe Pool Terrace King (8)
x. Westin Suite (12)
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
GAMBAR 2.3 Suite
Room The Westin Resort Nusa Dua
2. Restaurant
& Bar
1) Restaurant
yang dimiliki oleh The Westin Resort Nusa Dua Bali antara lain:
IKAN RESTAURAN AND BAR
Sumber : Hotel the westin resort Nusa Dua Bali
GAMBAR 2.4 IKAN RESTAURANT
Ikan
restaurant berlokasi di dekat pantai, menghadap ke pantai nusa dua, menawarkan
masakan tradisional Indonesian Food
dan Seafood dengan sistem pelayanan a’la carte. Dimana mulai dari appetizer, soup, maincourse, hingga dessert yang memiliki harga tersendiri.
Selain itu ikan restaurant juga
menjual fresh oyster yang dibuka
setiap hari senin sampai dengan jumat dan hanya dibuka pada saat dinner. Ikan restaurant memiliki
kapasitas 250 tempat duduk dan dibuka mulai pukul 11.00 wita sampai dengan
23.00 wita untuk melayani lunch dan dinner. Untuk lunch, ikan restaurant dibuka mulai pukul 11.00 wita sampai dengan
18.00 wita, sedangkan untuk dinner
dimulai pukul 18.00 wita sampai dengan 23.00 wita.
Ikan
Bar adalah bar yang dimiliki oleh ikan restaurant dan letaknya juga tidak
berjauhan dengan ikan restaurant. Letaknya yang juga berada di dekat pantai
merupakan satu kesatuan dengan ikan restaurant. Bar ini dibuka mulai pukul
11.00 wita sampai dengan 01.00 wita. Ikan bar menyediakan berbagai jenis beer, soft drinks, coffee, juice, dan
juga cocktail.
Selain itu Ikan Bar juga memiliki happy hour antara pukul 17.00 hingga 19.00 wita. Tarif
yang dikenakan sama 50% untuk soft drinks,
dan juice, dan 25% untuk cocktail, wines dan minuman beralkohol
tinggi lainnya.
2)
By
The Water
By The Water merupakan sebuah bar yang dimiliki oleh The
Westin Resort Nusa Dua Bali. By The Water terletak di dekat kolam renang. Bar ini merupakan tempat dimana
tamu bisa memesan minuman seperti beer,
cocktail, softdrink, juice juga wine.
By The Water buka mulai dari pukul
11.00 wita sampai dengan pukul 18.00 wita.
Oleh
karena kebiasaan beberapa tamu yang sehabis breakfast
akan segera berenang maka disaat tamu sedang berenang juga dapat memesan menu lunch di By The Water tanpa harus datang ke restaurant lagi. Dapat menikmati lunch langsung di pinggir kolam adalah salah satu nilai tambah jika
memesan makanan di By The Water.
3)
In
Room Dining
The
Westin Resort Nusa Dua Bali memiliki pelayanan makanan dan minuman di dalam
kamar yang disebut dengan In Room Dining.
In Room dining berada di dekat Main Kitchen yang bertujuan untuk
mempercepat proses pengiriman makanan saat ada pesanan. In Room Dining dibuka selama 24 jam dan melayani service untuk room amenities, breakfast, lunch, dinner, dan juga supper.
Pelayanan
breakfast In Room Dining dimulai dari
pukul 07.00 wita sampai dengan 10.00 wita, namun jika ada pesanan early breakfast dapat dilakukan sesuai
dengan permintaan tamu. Untuk pelayanan lunch
dimulai pada pukul 11.00 wita sampai dengan 18.00 wita. Untuk dinner pukul
18.00 hingga 22.00, dan supper mulai
dari pukul 23.00 hingga 07.00 wita.
4)
Hamabe
Sumber : Hotel The
Westin Resort Nusa Dua Bali
GAMBAR 2.5 HAMABE RESTAURANT
Hamabe Restaurant berlokasi di area lobby,
dengan kapasitas 65 tempat duduk. Hamabe
Restaurant memiliki Tatami room yang khusus disediakan untuk tamu yang
ingin mengadakan private dinner. Buka
mulai dari pukul 18.00 wita sampai dengan 23.00 wita. Hamabe menawarkan spesialis masakan jepang. Menu di Hamabe Restaurant berupa a’la carte namun di beberapa saat juga
menyediakan program dinner
5)
Kites Bar
Kites Bar
adalah lobby Bar yang dimiliki oleh The Westin Nusa Dua Bali dengan arsitektur
modern dan full Air Conditioner. Kite Bar
dibuka dari pukul 08.00 wita sampai dengan 01.00 wita. Kite Bar terletak tepat didekat lobby
sehingga tamu yang baru check in
dapat langsung bersantai sejenak sambil menikmati minuman, namun tidak jarang
juga tamu yang sudah check out akan
menyempatkan diri mampir untuk sekedar menunggu kendaraan jemputan sambil
menikmati beberapa minuman. Jenis minuman yang dijual disini antara lain beer, wine, cocktail, tea, coffee, juice,
smoothies, dan soft drink.
Selain
minuman, Kite Bar juga menyediakan
beberapa menu makanan berupa snack
dan beberapa cigarette. Kite Bar juga
memiliki beberapa program diantaranya happy
hour yang dimulai dari pukul 15.00 wita hingga pukul 17.00 wita. Kepada
tamu yang datang ke Kite bar pada saat tersebut akan mendapatkan diskon sebesar
50% untuk juice, soft drink, dan beer,
sedangkan diskon 25% untuk cocktail, wine,
dan minuman beralkohol tinggi
6) Prego
restaurant
Prego restaurat adalah salah satu restauran italia dengan dekorasi ruagan penuh warna dan
aroam makanan italia open concept
kitchen. Dari roti sampai dan pizza sampai home-made pasta dengan saus
klasik, dilengkapi denga wine. Setiap hari minggu prego megadakan prego faimly
brunch dari jam 11.30 sore.
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
GAMBAR 2.6 PREGO RESTAURANT
7) Seasonal tastes
Seasional tastes
adalah adalah satu venue dining terbaru yang merupakan westin signature dining concept yang
menawarkan konsep dapur dengan interaksi terbuka, buka untuk breakfast, lunch dan diner. Bertempat dilokasi lama capsicum
cafe dan the veranada
Menyajikan beragam
makanan termasuk western, asian dan mediteranian.
Makanan disajikan dengan bahan yang segar dan mengandung nutrisi SuperfoodsRX serta minuman sehat dari westin fresh by the juicery
bar. Makan malam yang bertema yang diselenggarakan secara rutin : legong dinner, meet the meats, asian
delights, seafood on fire and ice
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
GAMBAR 2.7 SEASONAL TASTE
8)
Velada tapas bar and kitchen
Velada tapas and kitchen adalah salah satu dining
venue yang terbaru di resort westin.
Mengambil tempat dilokasi lama potraits. Berkonsep bar & dapur tapas ala spanyol venue baru ini menyajikan kudapan dan canape serta
beragam coktails termasuk margarita dan sanggria venue ini hanya
dikhususkan untuk tamu dewasa, velada
tapas bar and kitchen dapat digunakan sebagai alternatif breakfast venue serta area privasi bagi group meeting
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
GAMBAR 2.8 VELADA TAPAS BAR AND KITCHEN
2.2.3 Fasilitas Penunjang
a.
Meeting
room
The Westin Resort Nusa Dua Bali memiliki ruangan untuk meeting yang sering disebut dengan Bali International Convention Center
(BICC), tempat dimana segala jenis kebutuhan konferensi sudah disediakan
disana. Kelebihan lain dari Bali
International Convention Center (BICC) diantaranya termasuk satelit terpadu
,sistem media komunikasi, pemasangan panggung yang profesional, penterjemah
yang multilingual yang simultan, fasilitas presentasi dan audio visual yang
canggih. Disana juga terdapat beberapa ruangan, antara lain:
1st Floor :
a) Mangupura Hall Ruangan ini biasanya digunakan untuk
Wisuda dan Konferensi, yang berkapasitas 2700 tempat duduk.
b)
Hibiscus Room ( kapasitas 120 seats )
Ruangan
ini digunakan untuk meeting. Misalnya, pertemuan antara penulis.
c) Frangipani
Room
Ruangan
ini biasanya digunakan untuk meeting yang bekapasitas 120 tempat duduk.
d) Bougenville
Room
Kegunaan
ruangan ini sama dengan Frangipani Room
dan Orchid Room yang berkapasitas 120
tempat duduk.
e)
Orchid Room ( kapasitas 120 seats
)
f)
Auditorium
Sama halnya dengan Bougenville, Frangipani
dan Orchid, ruangan ini juga
digunakan untuk meeting. Tapi kadang-kadang digunakan untuk Bioskop, yang
berkapasitas 506 tempat duduk.
g)
Exhibition Haill
Ruangan
ini dipergunakan untuk kegiatan seperti pameran, tapi kadang-kadang
dipergunakan untuk kegiatan Wisuda. Ruangan ini berkapasitas 800 tempat duduk.
h)
Dahlia
Ruangan
ini berkapasitas 25 tempat duduk, biasanya digunakan untuk meeting.
2nd Floor
1)
Surabaya
Room
Ruangan
ini berkapasitas 70 tempat duduk.
2)
Bandung
Room
Kapasitas
dari ruangan ini adalah 70 tempat duduk
3)
Nusantara
Room
Ruangan
ini memiliki 1800 tempat duduk
4)
Jakarta
Room
Ruangan
ini berkapasitas 580 tempat duduk
5)
Medan
Room
Ruangan
ini memiliki 360 tempat duduk
6)
Exhibition
Gallery
Ruangan
ini memiliki tempat duduk sebanyak 1200 tempat duduk.
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
Gambar 2.9 NUSANTARA ROOM
3rd Floor
7)
Jasmine Room
Ruangan ini biasanya digunakan untuk meeting. Tapi
kadang-kadang digunakan
untuk Trainee Gathering. Ruangan ini
berkapasitas 60 tempat duduk.
8)
Lotus Room
Sama
halnya dengan Jasmine Room, ruangan ini juga dipergunakan untuk meeting dan
Trainee Gathering. Ruangan ini berkapasitas 40 tempat duduk.
9)
Heliconia-1
Ruangan
ini memiliki kapasitas 50 tempat duduk,biasanya digunakan untuk meeting.
10)
Heliconia-2
Ruangan ini berkapasitas 20 tempat
duduk.
4th
Floor
1) Saraswati
Room
Ruangan
ini biasanya dipergunakan untuk meeting. Tapi kadang-kadang dipergunakan untuk interview para trainee baru.
b. Transportasi
The Westin Nusa Dua Bali memiliki taxi counter dan dapat melakukan
pembayaran dengan menggunakan semua jenis kartu kredit.
c. Olah
raga
Fasilitas olahraga yang diberikan oleh
The Westin Resort Nusa Dua Bali untuk tamu salah satunya adalah kolam renang
untuk dewasa dan anak anak, 2 lapangan tennis, tenis meja, run westin, Westin Workout,
massage service.
Selain fasilitas fasilitas tersebut The
Westin Resort Nusa Dua Bali juga mempunyai fasilitas fasilitas penunjang
lainnya seperti Spa, Westin Kids Club, Shopping Arcade, klinik, bank,
Wedding Registration, dan Bali
International Convention Center (BICC).
d.
Living room
Living room adalah suatu
ruangan atau room yang terletak di dekat prego restoran, yang disediakan khusus
untuk para tamu yang baru saja chek in atau tamu yang akan segera chek out.
Ruangan ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti, kamar mandi, televisi
buku, majalah dan yang lainya. didukung
pool yang ada disampingnya dan sangat cocok untuk para tamu yang merasa
kelelahan untuk beristirahat sejenak.
Sumber: Hotel The Westin Resort Nusa Dua
GAMBAR 2.10 LIVING ROOM
2.3 Struktur
Organisasi Housekeeping
Executive
Housekeeper
|
Asst.Executive
Housekeeper
|
|
|
Manager
Public Area
|
Housekeeping
Supervisor
|
Cordinator
Housekeepig Office
|
Room
Attendant
|
Taylor
|
Florist
Attendant
|
Public
Area Attendent
|
Florist
Supervisior
|
Linen
Attendant
|
SUMBER : HOTEL THE WESTIN
RESORT
BAB III
KAJIAN PUSTAKA
3.1 Pengertian Hotel
Kata
hotel mulai dipergunakan sejak abad ke 18 di London Inggris, yaitu sebagai
rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap yang disewakan secara
harian, mingguan, ataupun bulanan. Kata hotel itu sendiri merupakan
perkembangan dalam bahasa Prancis yaitu “Hostel” dan diambil dari bahasa latin
yaitu “Hospes”, dan mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 1797.
Sebelumnya istilah hotel yang juga dipakai tempat menginap, yang disebut dengan
istilah “INN”. Seiring dengan perkembangan zaman, menurut “SK MENPARPOSTEL no.
KM 37/PW.340/MPPT-86. kini hotel suatu bentuk akomodasi yang menggunakan
sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan layanan akomodasi, makanan,
minuman, dan fasilitas tambahan lainnya dari pengertian diatas, dapat
disimpulkan bahwa hotel adalah
1.
Hotel menggunakan bangunan fisik
2.
Hotel terbuka untuk umum.
3.
Hotel menyediakan pelayanan dan fasilitas tempat tinggal,
makanan, dan minuman, serta fasilitas tambahan lainnya.
4.
Dikelola secara komersial
Hotel dapat
diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek dan ditinjau dari beberapa segi
berikut :
3.1.1 Dari segi
jumlah kamar
Berdasarkan jumlah kamar yang dimiliki hotel, hotel dapat diklasifikasikan
menjadi 3 yaitu :
1)
Small Hotel
Yaitu hotel kecil dengan jumlah kamar dibawah 150
kamar.
2)
Medium Hotel
Medium Hotel biasanya dikategorikan menjadi 2
yaitu
a)
Average Hotel : Hotel dengan jumlah kamar antara
150 samapai 299 kamar.
b)
Above Average Hotel : hotel dengan jumlah
kamar antara 300 sampai 600 kamar.
3)
Large Hotel
Yatitu hotel besar dengan jumlah kamar diatas 600
kamar.
3.1.2 Dari segi
lokasi hotel
Hotel yang diklasifiksikan dari segi lokasi dapat dibagi menjadi 2 yaitu
1)
City Hotel
Yaitu hotel yang terletak atau berlokasi ditengah
kota, dimana beberapa wisatawan tinggal dan melakukan aktivitas bisnis.
2)
Resort Hotel
Yaitu hotel yang berlokasi di daerah pariwisata,
dimana para wisatawan tidak melalukan aktivitas bisnis, tetapi hanya untuk
menikmati liburan mereka. Ada beberapa macam jenis Resort hotel didasarkan
pada lokasinya seperti :
a)
Mountain Hotel
Hotel yang berlokasi dipegunungan.
b)
Beach Hotel
Hotel yang lokasinya
disekitar daerah pantai.
c)
Lake Hotel
Hotel yang
lokasinya berada disisi sebuah danau.
d)
Hill Hotel
Hotel yang lokasinya diatas bukit.
e)
Forest Hotel
Hotel yang lokasinya didaerah hutan yang terpelihara.
3)
Dari Segi Daerah
Hotel diklasifikasikan dari
daerah didirikannya hotel, hotel dapat dibagi menjadi 3 yaitu
4)
Suburb Hotel
Hotel yang berlokasi di pinggiran kota.
5)
Airport Hotel
Hotel yang berlokasi dekat dengan bandara
6)
Urban Hotel
Hotel yang berlokasi didaerah pedalaman atau pedesaan
dan jauh dari daerah perkotaan.
3.1.3
Dari Segi Level atau Mutu (Bintang)
1) Hotel
Bintang Satu (*)
Hotel dengan jumlah kamar standar 15 kamar, kamar
mandi didalam kamar hotel.
Kamar standar yang luas kamarnya minimum 20m2.
2) Hotel
Bintang 2 (**)
Disebut hotel berbintang 2 karena jika dillihat dari
segi bangunan hanya memiliki jumlah kamar sekitar 20 kamar, 1 suite room, kamar mandi didalam kamar hotel. Dengan ukuran kamar standar
minimum 22m2. Ukuran kamar suite
minimum 44m2.
3) Hotel Bintang Tiga (***)
Hotel berbintang 3 memiliki jumlah kamar 30 kamar, 2 suite rooms, kamar mandi didalam kamar hotel.
Ukuran kamar standar minimum 24m2. Ukuran kamar suites minimum 48m2.
4)
Hotel Bintang Empat (****)
Hotel berbintang 4 memiliki jumlah kamar standar
sebanyak 50 kamar, 3 suite rooms, dan kamar mandi didalam kamar
hotel.
3.2
Luas kamar standar minimum 24m2. Luas kamar suite minimum 48m2. Dan memiliki lobby dengan luas minimum 100m2
5)
Hotel Bintang Lima (*****)
Hotel berbintang 5 memiliki jumlah kamar standar
sampai 100 kamar, 4 suite rooms. Terdapat restoran dengan layanan
kamar selama 24 jam dalam semingggu.
Luas kamar standar, minimum 26m2. Luas kamar suite, minimum 52m2.
3.2 Pengertian Restoran
Menurut Lawson, 1976;27, “Restoran adalah
bisnis yang menyediakan makanan dan minuman untuk dijual kepada konsumen”. Restoran tidak
hanya melayani kebutuhan sosial tetapi juga melayani
kebutuhan biologis. Berbagai macam alasan yang dimiliki orang ketika memutuskan
untuk makan di restoran antara lain untuk melepaskan diri dari kebosanan, untuk
mendapatkan pelayanan yang baik sehingga untuk menikmati makanan di restoran
akan begitu nyaman, selain itu untuk merasakan jenis-jenis makanan yang
terdapat di restoran itu sendiri.
Restoran adalah suatu usaha
komersial yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman bagi masyarakat
umum dan dikelola secara professional untuk mendapatkan suatu keuntungan.
3.3 Pengertian housekeeping
Housekeeping adalah salah satu
bagian yang ada dalam hotelyang menangani hal-hal yang terkait dengan
keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar, dan juga seluruh
areal umum lainya agar seluruh tamu dan kariawan merasa nyaman didalam hotel.
3.4 Public area
Public area Adalah salah satu
bagian yang berada dalam hosekeeping departement yang menangani semua urusan mengenai
kebersihan, kerapian, kelengkapan,kenyamanan semua area umum yang berpengaruh
terhadap ketertarikan tamu utuk memakai jasa di dalam hotel.
Tempat-tempat yang dijaga
kebersihanaya oleh public area meliputi, toilet, lobby, basement, office, dan
semua area yang penting untuk menarik tamu datang ke hotel.
3.5
Laundry
Laundry adalah
proses pencucian baik kain atau pakaian yang menggunakan media air detergen
laundry, pelembut, dan pewangi baik secara manual ataupun dengan mesin laundry
laundry bertugas menjaga dan menyediakan linen-linen untuk dalam
keadaan bersih setiap harinya. Serta keperluan linen-linen lainya seperti,
linen untuk kamar, meeting room, serta membersihkan pakaian tamu yang kotor.
BAB IV
PELAKSANAAN ON THE JOB TRAINING
4.1 Waktu dan Tempat On The Jo Training
Pelaksanaan on the job
training mulai dari tanggal 12 desember 2016 sampai dengan 12 juni 2017. Yang
bertempat di The Westin Resort Nusa Dua
Bali
4.2
Jadwal pelaksaan On The
JobTraining
4.2.1 Jadwal pelaksaanan di floor (public
area)
1) Shift
Pagi (05.00 – 13.00)
2) Shift Pagi (07.00 - 15.00)
3) Shift Pagi (08.00 – 16.00)
4) Shift sore (15.00 - 23.00)
4.2.2 Jadwal Pelaksanaan di Room
Shift Pagi (08.00 - 16.00)
4.2.3 Jadwal Pelaksanaan di laundry dan linen
runer
1) Shif Pagi (07.00 - 15.00)
2) Shif Pagi (08.00 - 16.00)
4.3 Obyek pelaksanaan on the job training
4.3.1
Room section
1)
Tugas dan tanggung jawab
Room adalah suatu ruangan yang
didalamnya memiliki berbagai fasilitas pendukung yang sangat lengkap. Maka dari
itu perlu dilakukan perwatan dan permbersihan room tersebut secara rutin untuk
menjaga kebersihan kamar, adapun tugas dan tanggung jawab pada room section di
the westin nusa dua bali adalah:
1.
Make up
room
2.
Special
bathroom
3.
Change
bed skert
2)
Prosedur kerja
1.
Make up
room
Sebelum bekerja dilakuan Prepare cleaning supplies
and cleaning equipment untuk room dan
adapun langkah-langkah make up room adalah sebagai berikut:
a. Pencet
bel 3 kali ,
b. Masuk
dan check room dan mengumpulkan sampah,
c. Bawa
sampah keluar dan mengambil cady, sambil
mengambil
sheet,
d. Semprotkan
cemical pada kamar mandi,
e. Making
bed,
f. Setelah making bed kemudian
bersihkan bathroom,
g. Dusting,
Dusting dilakukan seperti arah jarum jam agar tidak ada
yang terlewati, dan cek kekurangan guest amenitis dan guest supplies.
Lengkapi guest
amenitis dan guest supplies baik di bathroom
maupun di bedroom kemudian,
h. Vacum, mulai dari balkoni dan cek
dibawah bed agar
tidak ada yang tertinggal,dan
i. Terakhir cek bahwa semua telah
dilengkapi sesuai dengan
standar
hotel the westin resort nusa dua bali.
4.3.2 public
area
1.
Tugas dan tanggung jawab
Public area
bertugas untuk menjaga seluruh areal atau section yang didapat di coridor baik toilet,pantry maupun lainya
untuk tetap dalam keadan bersih.
2.
Prosedur kerja
a)
Persiapan alat
1.
Sapu
2.
Duspen
3.
Eko
floorfek
4.
Stik
mop
b)
Persiapan chemical
5.
furniture
polish
6.
Glass
cleaner
7.
Bathroom
cleaner
8.
Mpc
(multi porpuse cleaner)
9.
Room
represer
c) Check semua tangga untuk memastikan tangga dalam
keadaan kering
d) Sweeping semua floor
e) Moping semua floor
f) Cleaning pantry, termasuk bersihkan toilet dan isi perlengkapan pada
toilet
g) Dusting all realing kayu yang ada di floor
h) Check selling pastikan bersih dari sarang
laba-laba
i)
Mengumpulkan alat-alat kerja
j) Mengumpulkan
semua sampah
k) Pastikan pantry dalam
keadaan bersih dan rapi
l)
Membuang sampah.
4.3.3 laundry
1.
Tugas dan tanggung jawab
Laundry bertugas untuk demus proses pencucian baik pakain
para tamu maupun linen-linen yang ada di hotel
2.
Prosedur kerja
a.
Lipat towel yang ada dan lakukan
pemisahan antara hand towel, face towel, bath math, bath towel
b.
Jika towel telah habis dilipat, dapat
membantu dalam proses pencucian di laundry.
4.4
Hubungan
kerja antara departemen
a.
hubungan
housekeeping dengan HRD
kerjasama housekeeping
dengan HRD adalah hubungan ketenagakerjaan seperti perencanaan, pengadaan dan
pelatihan. Proses ini mulai dari menyaring, merekrut, orientasi, pelatihan,
promosi, hingga pensiun, perencanaan berarti bekerjasama dalam menyusun jumlah
tenaga kerja yang akan diangkat sesuai dengan kebutuhan di housekeeping.
b.
Hubungan
huosekeeping dengan food & beferage
kerja sama antara housekeeping dengan food
& beferage adalah betujuan untuk membersihkan dan merawat setiap outlet seperti:
1.
Minibar dalam
kamar
2.
Restaurant
3.
Bar
4.
Function
room
5.
Kolam renang dan lainya.
FB
menggunakan linens (napkin dan table cloth) dalam operasional
harianya, maka huosekeeping harus
menyediakan linen-linen tersebut
dalam keadan bersih setiap harinya.
c.
Hubungan
housekeeping dengan sales & marketing
kerja sama antara housekeeping dengan sales
& marketing berorientasi pada
usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu
yang sudah stay. Secara umum
permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya
setrika, extra bed, compliment laundry dan lain sebagainya.
d.
Hubungan
housekeeping dengan engineering
Hubungan kerja sama antara housekeeping dengan enginering
memiliki hubungan yang sanngat erat, dan saling menunjang satu sama lainya,terutama
dalam hal perbaikan dan pemeliharaan iventaris
aset hotel baik di kamar maupun area publik. Engineering bertugas terhadap
perawatan terhadap perbaikan segala kerusakan peralatan, interior dan exterior di
kamar dan area publik agar kerusakan tersebut diperbaiki secepatnya.
Housekeeping membantu melaporkan semua kerusakan yang ditemukan untuk
diperbaiki secepatnya secara tertulis “from
work order” engineering
e.
Hubungan
housekeeping dengan security
Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan rasa aman
bagi tamu yang sedang menginap maupun bagi tamu yang akan datang ke hotel. Rasa aman dan nyaman merupakan
usaha mencegah terhadap sesuatu yang dapat merugikan tamu dan hotel misalnya
pencurian, perampokan, pengrusakan, kebakaran dan lain-lain
4.5 Kendala-kendala yang dihadapi dalam on the job training
Kendala – kendala
yang dialami penulis selama melaksanakan
Praktek Kerja Nyata di The Westin
Resort Nusa Dua Bali, antara lain :
a. Kurangnya sarana
dan prasarana dalam operational kerja, sehingga menyebabkan terhambatnya suatu
pekerjaan pada saat melayani tamu.
b. Kurangnya
penguasaan bahasa asing selain bahasa inggris, sehingga menyebabkan sering
terjadi miss communication antara
tamu dengan housekeeping.
c. Sering
terjadi kekurangan alat seperti mop, stik mop, sapu daspen dan yang lainya yang
membuat keterlambatan dalam bekerja
d. Saat
musim hujan sering terjadi banjir di coridor
4.6 Upaya penyelesaian kendala
Adapun
upaya untuk menyelesaikan kendala yand dihadapi adalah:
1)
Saat terjadi kekurangan alat, sesegera
mungkin untuk menghubungi
supervisor untuk meminta alat tambahan.
2)
Saat terjadi kesulitan dalam berkomunikasi
dengan para tamu, kita dapat
menggunakan bahasa tubuh atau langsung meminta bantuan kepada senior
3)
Memasang towel yang rusak atau yang sudah tidak dapat digunakan lagi
didepan tangga untuk menanggulangi banjir pada coridor
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Setelah penulis menyelesaikan training
di The Westin Resort Nusa Dua,Bali penulis diwajibkan membuat suatu uraian
tentang apa yang penulis lakukan selama on the job training.
Dari hal tersebut dapat penulis
simpulkan:
a.
Penulis dapat membadingkan antara teori yang penulis dapatkan
selama kuliah dengan kenyataan di industri
b.
Penulis mendapatkan pengetahuan tambahan yang belum di dapat
di bangku kuliah.
c.
Penulis mengetahui fasilitas yang di miliki oleh The Westin
Resort Nusa Dua, Bali dan kegiatan-kegiatan
di house keeping Departement.
d.
Penulis menjadi lebih disiplin waktu karena selama training
penulis harus datang 15 menit sebelum kegiatan di mulai.
e.
Program on the
job training merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap
mahasiswa dan mahasiswi sehingga mampu menerapkan semua teori maupun praktek
yang telah diperoleh dari kampus untuk dibawa ke industri dan program ini
adalah merupakan salah satu syarat kelengkapan seluruh program di
Mediteranean Bali.
f.
on the
job training di industri dapat menjadikan wadah pembelajaran mengenai
tanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan.
5.2 Saran
5.2.1 Saran untuk hotel
a. Agar pihak hotel
merubah system rolling pada trainee .contoh :pada trainee di housekeeping
selama 6 bulan, sebaiknya 3 bulan di room
dan 3 bulan di public area, dan tidak hanya di berikan untuk room
dan cek out.
b. Sebaiknya parkir
karyawan perlu diperhatikan terutama parkir yang begitu minim sehingga parkir
kendaraan karyawan mengganggu ruang gerak kegiatan para tamu maupun karyawan
dalam melaksanakan aktivitasnya ini guna menjaga kenyamanan serta kelancaran
aktivitas para pemakai jasa hotel tersebut.
c. Sebaiknya bagi
staff yang malas bekerja di beri peringatan sehingga section yang seharusnya di
cover oleh senior jadinya di cover oleh trainee
Contoh : locker
d. Sebaiknya setiap
periode trainee itu ada pemilihan the best trainee sehingga para trainee lebih
termotivasi untuk rajin bekerja dan selalu
bertanggung jawab terhadap section yang di berikan.
e. Sebaiknya untuk
para trainee jangan selalu di berikan over time,karena sudah ada yang akan
bertugas pada shift sebelumnya.
|
Robert
J Martin” Professional management Housekeeping Operations 3rd ’’ Wiley 1998
Sarticles ’’ Good Housekeeping ’’ Damius Tarigan www.tatagraha.com
Ludfi Orbani,Bagiyono
’’Dasar-Dasar House Keeping
Dan Laundry Hotel’’, Yogyakarta 2003
Rumekso ,SE ’’ House Keeping Hotel’’ . Yogyakarta 2002
Adrews,Sudir ’’Hotel House Keeping Trainning Manual’’ New
Delhi,1985
Agus Nawar,A,Md,Par
’’Operasional Tata Graha Hotel, PT.Gramedia Pustaks Umum,Jakarta,2000
Rumekso. (2005). Housekeeping Hotel Yogyakarta : Andi
Darsono, A (2000). Tata Graha Hotel ( Housekeeping). Jakarta :
Gramedia
Marlina, E. (2009) Kompetensi Housekeeping. Jakarta : Yudistira
Sri, Yayuk. 1992 Teori Dan
Petunjuk praktek Housekeeping untuk akademi
perhotelan : Make Up Room Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Suwithi, Ni Wayan. Akomodasi Perhotelan Jilid 2.
Coin Casino: Play for real money | CasinoRewards
BalasHapusAll our online casino games come with a no deposit bonus and you will be guaranteed a 100% 인카지노 match up to $/€1000 when you sign up for deccasino an 1xbet account.